Kamis, 18 Desember 2008

PENGKABELAN ETHERNET

Pengkabelan Ethernet merupakan bahan yang penting, terutama jika Anda ingin mengikuti ujian CCNA.

Jenis – jenis kabel Ethernet yang tersedia adalah :
 Kabel lurus ( Straight-trough )
 Kabel silang ( Crossover )
 Kabel rolled

1. Kabel Lurus
Kabel lurus digunakan untuk menghubungkan :
 Host ke switch atau hub
 Router ke switch atau hub

Empat kawat digunakan pada kabel lurus untuk menghubungkan peralatan Ethernet. Kabel ini relative mudah dibuat . Gambar 1.1 menunujukkan ke-4 kawat yang digunakan dalam kabel Ethernet lurus.

Perhatikan bahwa hanya pin 1, 2 , 3 dan 6 yang digunakan. Cukup hubungkan 1 dengan 1, 2 dengan 2, 3 dengan 3 dan 6 dengan 6, dan Anda akan siap dengan jaringan Anda. Namun perlu dingat bahwa ini hanya akan menjadi kabel Ethernet saja, dan tidak akan bekarja dengan Voice, Token Ring dll.

2. Kabel Silang
Kabel Silang dapat digunakan untuk menghubungkan :
 Switch ke switch
 Hub ke hub
 Host ke host
 Hub ke switch
 Router langsung ke host

Menggunakan empat buah kabel yang sama dengan kawat – kawat yang digunakan pada kabel lurus, namun dengan cara menghubungkan menghubungkan pin yang berbeda. Gambar 1.2. menunujukkan bagaimana menghubungkan keempat kawar tersebut.
Kita menghubungkan [in 1 dengan pin 3, dan pin 2 dengan pin 6 pada setiap ujung kabel.

3. Kabel Rolled
Meskipun kabel rolled tidak digunakan untuk menghubungkan koneksi ke jaringan Ethernet, ia digunakan untuk menghubungkan sebuah host dengan port komunikasi serial dari konsol router.
Jika Anda memiliki router atau switch Cisco, Anda akan menggunakan kabel ini untuk menggunakan PC Anda yang sedang menjalankan HyperTerminal dengan perangkat keras Cisco. Delapan kabel digunakan untuk mengirim informasi, seperti di jaringan Ethernet. Gambar 1.3 menunujukan kedelapan kawat dalam kabel rolled.

Ini mungkin kabel yang paling mudah dibuat. Anda hanya perlu memotong salah satu ujung kabel lurus dan membalik posisi kawatnya.
1.Begitu Anda memiliki kabel yang tepat terhubung dari PC Anda ke router atau switch Cisco, Anda dapat memulai HyperTerminal untuk membuat koneksi konsol dan melakukan konfigurasi pada alat tersebut.
2.Pilih port komunikasi ( Communication port ) apakah COM 1 atau COM 2, bergantung pada PC Anda.
3.Dan aturlah settingan portnya.

JARINGAN NIRKABEL ( WIRELESS )

Kita tidak akan lengkap tanpa membahas tentang jaringan nirkabel, hal ini karena beberapa tahun yang lalu, teknologi ini masih jarang digunakan, pada tahun 1996, banyak orang yang masih belum mempunyai alamat e-mail. Tentu tidak semuanya, tetapi saat ini hampir semua orang memiliki alamat e-mail, dan hal yang sama terjadi di dunia jaringan nirkabel. Ini karena jaringan nirkabel terlalu menyenangkan untuk tidak digunakan. Saya yakin bahwa dianatara Anda ada yang mungkin memiliki jaringan nirkabel di rumah. Jika tidak mungkin Anda memilikinya di sekolah. Untuk alasan ini, saya akan membahas berbagai jenis jaringan nirkabel, termasuk kecepatan dan batasan jaraknya.

Jenis – jenis jaringan nirkabel :

1. LAN Nirkabel Pita –Sempit ( Narrowband Wireless LAN).
Radio pita sempit, sesuai dengan namanya, menggunakan frekuensi radio yang sangat sempit dalam meneruskan informasi atau data. Masalah interferensi dihindari dengan mengarahkan pengguna – pengguna ke dalam frekuensi – frekuensi saluran yang berbeda. Jarak yang dijangkau cukup baik, namun kecepatannya sangat tidak mencukupi untuk pengguna diperusahaan. Ditambah lagi Anda harus memiliki perlengkapan dari vendor tertentu untuk menjalankannya, dan membeli lisensi PC untuk menjalankan frekuensi tersebut ditemapat Anda.

2Layanan Komunikasi Personal (Personal Communication Services, PCS)
PCS mencakup layanan komunikasi bergerak, portabel dan layanan bantuan untuk perorangan dan bisnis. Federal Communication Commision (FCC) mendefinisikan PCS sebagai pilihan komunikasi bergerak (mobile) dan tetap (fixed) untuk perorangan dan bisnis yang dapat dicakup oleh berbagai jaringan yang tersedia. PCS pita-sempit (narrowband) dan pita lebar (broaddband) merupakan yang ada saat ini.


3.PCS Pita-sempit (Narrowband PCS)
PCS pita-sempit membutuhkan spektrum frekuensi yang lebih kecil. Dengan lisensi untuk PCS pita-sempit Anda dapat memperoleh layanan seperti paging dua arah dan atau messaging dua arah. Orang yang memiliki PDA dapat menerima dan mengirim e-mail nirkabel, melalui sinyal microwave. Dengan PCS pita – sempit Anda juga bisa memperoleh layanan canggih seperti telemetri nirkabel, yaitu memantau perlengkapan bergerak dan statis dari jarak jauh. Melakukan hal seperti memanatau dari jauh meteran listrik dari sebuah perusahaan listrik, yang disebut automatic meter reading ( AMR ) dimungkinkan dengan teknologi ini.

4.PCS Pita-Lebar (Boadband PCS)
PCS pita-lebar digunakan untuk banyak jenis layanan nirkabel, baik radio bergerak maupun tetap. Yang bergerak mencakup layanan suara dan layanan data dua arah yang biasanya digunakan diperalatan multiofungsi seperti kamera digital dan telephone selular, du dunia industri layanan seperti ini sering disebut Layanan Telephone Bergerak dan Layanan Data Bergerak. Penyedia jasanya adalah perusahaan – perusahaan yang memiliki banyak Spektrum frekuensi PCS pita-lebar, Seperti AT&T Wireless, Verizon dan Sprint PCS.

5.Satelit.
Dengan layanan satelit, kecepatan yang Anda pperoleh cukup baik, bisa mencapai 1Mbps untuk upload dan 2Mbps untuk download. Tetapi akan ada waktu tunda yang menjengkelkan pada saat koneksi, sehingga ia tidak cocok untuk lalu lintas data yang hanya diperlukan sewaktu- waktu (bursty). Berita baiknya adalah kecepatannya semakin meningkat, akan tetapi kecepatan lewat LAN Nirkabel masih jauh lebih baik. Keuntungan nyata dari sebuah jaringan berbasis satelit adalah area jangkauan geografisnya bisa sangat luas.

6.LAN Nirkabel Infra Merah (Infrared Wireless LAN)
Dijaringan ini kita memiliki banyak kebalikan dari yang sebelumnya. Teknologi ini bekerja dengan sangat baik untuk menangani lalu lintas data yang yang pendek dan tiba – tiba melonjak di sektor Personal Area Network (PAN). Kecepatannya telah meningkat juga, namun jarak jangjaunnya masih sangat terbatas. Biasanya digunakan untuk memindahkan data dari laptop ke laptop atau dari laptop ke PDA. Kecepatannya antara 115 kbps sampai 4 Mbps, akan tetapi spesifikasi baru yang disebut Very Fast Infrared (VFIR) dikhabarkan akan memiliki kecepatan sampai 16 Mbps.

7.LAN Nirkabel Spektrum Tersebar (Spread Spectrum Wireless LAN)
LAN Nirkabel Anda umumnya menggunakan apa yang disebut spektrum tersebar, yaitu : teknik Frekuensi radio pita-lebar yang pertama kali dibuat oleh kalangan militer, sehingga teknik ini cukup dapat diandalkan dan aman. WLAN paling populer saat ini adalah 802.11b yang bekerja sampai 11 Mbps, namun spesifikasi baru 802.11g bisa mencapai 22 Mbps dan lebih bergantung pada pembuat peralatannya. Ditambah lagi, 802.11a yang baru yang bekerja di 5GHz dan dapat mencapai bandwidth 50 Mbps- dan ia akan mencapai 100 Mbps dalam waktu dekat. Tetapi jarak yang dapat dicapai oleh 802.11a masih lebih kecil dibandingkan teknologi 2,4Ghznya, 802.11b dan 802.11g yang bisa mencapai 300 kaki. Jadi pada dasarnya, 802.11b/g akan digunakan di dalam ruangan, dan 802.11a di luar ruangan dengan jangkauan lebih pendek tetapi dengan kebutuhan bandwidth yang besar, namun pasar untuk WLAN masih tergolong baru dan tidak ada yang tahu bagi masa depan teknologi – teknologi WLAN ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar