Jumat, 30 Januari 2009

Bagaimana Membaca Serial Number pada sebuah CRT


Mengidentifikasi Serial Number Pada CRT
(Sumber :Zhillan Service Centre)
Semua Layar Monitor atau pun TV Baik yang colour ataupun monochrome mempunyai identitas dengan melihat pada specific code yang terdiri dari angka dan huruf . Dari beberapa code yang terdapat pd tabung crt mempunyai perbedaan karakteristik masing - masing.

Sebagai contoh beberapa layar / tabung CRT colour monitor mempunyai code M34AFA63X03 ini dapat diidentifikasi sebagai 6 bagian : M/34/AFA/63/X/03 

Bagian 1 yaitu Aplikasi / Penerapan 

Untuk Computer Monitor diawali dengan huruf "M"

Sedangkan Untuk Layar / CRT Televisi diawali dengan huruf "A" 

Bagian 2 Yaitu Ukuran diagonal sscreen dalam Centimeter (cm)

Angka "34" diatas Menunjukan ukuran Diagonal screen minimum 34 centimeter atau setara dengan 14 inchi. Sedangkan apabila angkanya menunjukan 36 ini berarti sama dengan ukuran layar 15 inchi dan contoh lainnya lagi untuk diagonal 41centimeter setara dengan 17 inchi.

Bagian 3 yaitu Familly Code

3 huruf "AFA"menunjukan generasi dari tabung secara specific yang mempunyai persamaan karakteristik secara fisik ataupun secara electric .Ketiga huruf diatas ditandai dengan alphabet yang diawali dengan "AAA" diikuti dengan "AAB",kemudian "AAC" dan seterusnya.

Bagian 4 Yaitu Familly/Generasi Number

Angka 63 diatas menunjukan spesific tabung layar di dalam familliy/ generasi code nya. Angka yang berbeda menunjukan bahwa dalam tabung layar dengan familly / generasi yang sama namun mempunyai perbedaan pada diameter pada leher CRT .sebagai contoh angka dengan digit tunggal menunjukan sebagai tabung layar monochrome sedangkan angka dengan digit ganda menunjukan layar tabung colour/ berwarna.

Bagian 5 Yaitu Type phospor

Symbol yang kelima menunjukan penandaan phospor. Huruf "X" diatas adalah tanda dari tabung layar berwarna.Tabung layar monitor mempunyai huruf tunggal yg lain (kecuali ; I, O atau W ) untuk menandakan type phospor yang lain untuk bermacam macam penggunaan.untuk gambar yang monochrome symbol dari phospornya adalah "WW atau huruf kombinasi dari huruf ganda lain kecuali I dan O.

Bagian 6 Yaitu Nilai komponen pada Leher CRT
Symbol yang keenam ini menandakan untuk tabung layar yang mempunyai nilai atau bilangan komponen pada leher CRT.seperti deflection yoke. Spesifikasi ini hanya dipergunakan pada produksi tabung layar tertentu saja.

Kalau ada yang mau nambahin silahkan....

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar